PostHeaderIcon Ekstrak Jahe Dikenalkan dalam MOS

alt

 

Siapa bilang MOS (Masa Orientasi Siswa) hanya kegiatan perpeloncoan dan sesuatu yang menakutkan? Teman-teman di SMA Dharma Mulya Surabaya membuktikan kalau MOS bisa jadi kegiatan yang sangat nikmat bahkan penuh manfaat. Salah satu kegiatan mengasyikkan di dalam MOS adalah mengekstrak jahe. Wow! sesuatu yang unik, nih.

altBukan sekedar unik, tetapi kegiatan ini juga termasuk dalam kegiatan aplikasi ilmu. Menurut Retno Susilowati, S.Pd (pemberi materi) ini merupakan aplikasi materi apotek hidup. Mungkin selama ini kita merasa jahe bukan sesuatu yang nyaman baunya bahkan tidak mengerti manfaat jahe. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa baru-peserta MOS, dapat benar-benar memahami manfaat jahe sehingga bisa mengubah kesan mereka terhadap Jahe. Jahe lebih dari sekedar bumbu dapur sejak ratusan tahun lalu, karena terbukti manjur mengusir berbagai penyakit. Para peserta MOS belajar mengupas jahe, memarut sampai bisa dinikmati dalam bentuk bubuk jahe yang siap dikonsumsi menjadi minuman yang menyehatkan. Bubuk Jahe ini juga siap dipasarkan sehingga kegiatan ini masuk dalam pembelajaran kegiatan wirausaha juga.

alt

Kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) di SMA Dharma Mulya Surabaya dilaksanakan mulai dari tanggal 11 - 13 Juli 2011. Kegiatan meliputi pengenalan sekolah, pembinaan karakter, pengenalan cara belajar dan kegiatan kewirausahaan. Selain itu, ada juga kegiatan MOS Ceria, Outbond dan Talent Show. Tujuan kegiatan MOS diantaranya membantu siswa baru agar dapat beradaptasi dengan warga sekolah, mengetahui hak dan kewajibannya dan mampu bertanggung jawab serta memotivasi mereka dalam memahami kehidupan sekolah. Siswa-siswa baru tampak menikmati setiap kegiatan MOS ini, karena selain mendapatkan materi, mereka juga dapat menikmati berbagai permainan yang mengasah kecekatan, ketrampilan dan kekompakan antar siswa.

Menurut salah satu guru panitia MOS, Mungki Dwi Andayani, S.Pd beberapa kegiatan aplikasi ilmu juga diadakan untuk membekali peserta. Diantaranya : mengukur tinggi gedung memakai prinsip matematika, belajar dalam laboratorium Biologi dengan mengukur tekanan darah manusia, melihat peredaran darah pada ikan dengan mikroskop dan pembuatan telur asin.


Terakhir Diupdate (Jumat, 15 Juli 2011 09:26)

 

PostHeaderIcon Temukan Kami di Facebook

Find us on Facebook
Visitors Counter
132812
Hari IniHari Ini2904
KemarinKemarin3004
Minggu IniMinggu Ini14439
Bulan IniBulan Ini82576
Setiap HariSetiap Hari1328125
Browse this website in: