PostHeaderIcon 3 Trik Baca Buku

Dm readers apa selama ini masih ingat dengan buku yang sudah habis dibaca? Bahkan menyerap semua isi dan menjadikannya inspirasi dalam kehidupan sehari-hari? Kalau selama ini DM readers masih suka lupa dengan buku yang suda dibaca, ada 3 trik yang akan membuat baca buku jadi lebih efektif.
 
Penulis buku "101,5 Inspirasi Kecerdasan Emosional Anak Muda" yang juga pakar EQ, Anthony Dio Martin membagi 3 cara yang bisa diterapkan untuk membaca secara efektif dan mendapatkan manfaat:

TEKNIK MEMBACA KONTEMPLATIF

Ketika membaca buku, jangan dari awal sampai akhir lewat begitu saja, kemudian lupa apa yang dibaca. Saat membaca buku, peganglah pensil atau pulpen. Beri catatan pada bagian yang menurut kita menarik. Catatan itu bisa berupa komentar, ketidaksamaan pendapat atau apa pun. Coretan ini akan melatih, mencerdaskan pikiran. Tandai, beri komentar. Lingkari, beri tanda seru atau memberi pendapat tentang apa yang kita baca.

MIND MAPPING
Trik kedua, buatlah mind mapping. Caranya, membuat garis besar isi buku setelah selesai membacanya.

BERI CATATAN
Berikan catatan pada notes kecil untuk mencatat ide yang muncul dari buku yang kita baca. Pengetahuan tidak ada artinya kalau tidak memunculkan ide. Misalnya, buat catatan-catatan dari baca buku ini (yang dibaca), apa yang kita dapatkan. Sebuah buku akan berkesan kalau berhasil membuat kita terinspirasi dan membuat kita punya ide untuk melakukan sesuatu (Info ini hadir dalam Orange Squash CSB, Rabu 13 Juli 2011, pk. 15.00 - 18.00 WIB - Sumber: kompas.com)


Terakhir Diupdate (Senin, 18 Juli 2011 00:04)

 

PostHeaderIcon Temukan Kami di Facebook

Find us on Facebook
Visitors Counter
132821
Hari IniHari Ini26
KemarinKemarin2970
Minggu IniMinggu Ini14531
Bulan IniBulan Ini82668
Setiap HariSetiap Hari1328217
Browse this website in: